Pengertian Dangerous Goods Aviation Security

Pengertian Dangerous Goods Regulation Aviation Security

Pengertian Dangerous Goods Regulation Aviation Security

PENGERTIAN DANGEROUS GOODS

AVIATION SECURITY

Pengertian Dangerous Goods – Aviation Security : Bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai Arti dan Devinisi Dangerous Goods atau yang sering desebut dengan DG.

Sebenernya admin sendiri kurang faham karna admin tidak belajar materi dangerous goods. Hehehe…. Namun disini admin akan menulis dari pengakuan dari Alumni PSPP Penerbangan, Silakan disimak…

Dari “Ika Liana Dewi” Batch 13 PSPP Lampung

Dangerous Goods adalah barang barang yang berbahaya yang mengancam keselamatan penerbangan, kesehatan manusia, dan equipment pesawat udara, namun boleh di bawa jikalau melalui prosedur DG yang berlaku.

Dari “Puput Oktavia” Batch 13 PSPP Lampung

Pengertian Dangerous Goods Yaitu unsur-unsur zat bahan dan atau barang berbahaya yang sangat peka terhadap suhu udara, tekanan dan getaran serta dapat mengganggu terhadap kesehatan manusia maupun hewan, dapat menggangu serta membahayakan keselamatan penerbangan serta dapat merusakkan peralatan pengangkutan.

Klasifikasi dan Devisi Dangerous Goods

Berdasarkan IATA (Internastional Air Transport Association) Barang dan atau bahan berbahaya dapat diklasifikasikan menjadi 9 kelas dan divisi, klasifikasi Dangerous good sebagai berikut :

  1. Kelas I.Explosive
    Semua bahan peledak dan ini sangat dilarang dalam penerbangan
  2. Kelas II.Flammable Gas
    Berupa gas bertekanan,mudah terbakar
  3. Kelas III.Flammable Liquid
    Berupa cairan yang mudah terbakar
  4. Kelas IV.Flammable Solid
    Berupa zat padat yang mudah terbakar
  5. Kelas V.Oxidizing Substances & Organic Peroxides
    Berupa zat yang mudah menghasilkan O2 yg dapat mengakibatkan kebakaran
  6. Kelas VI.Toxic
    Zat padat / cair yang bila di hirup atau di telan akan menyebabkan kematian
  7. Kelas VII.Radioaktif
    Bahan / barang/benda yang memancarkan radiasi
  8. Kelas VIII.Corrosive
    bahan yang dapat merusak jaringan kulit/ mempunyai tingkat korosif yang tinggi
  9. Kelas IX.Miscelaneous DG
    Bahan padat atau cair yang mempunyai sifat iritasi / yang dapat menyebabkan ketidak nyamanan.

Regulasi Nasional Aviation Security ada di :

  • UUD NO 1 TAHUN 2009 tentang KESKAMPEN (keselamatan dan keamanan penerbangan) yang berisi R1 & R2 yang tidak diperiksa namun barang bawaan tetap diperiksa AVSEC (Aviation Security).
  • SKEP/100/VII/2003 tentang juknis tata cara membawa senjata api berserta peluru.

Dikalangan masyarakat, baik masyarakat usaha atau penerbangan belum banyak mengenal tentang barang berbahaya, bahkan belum banyak tenaga ahli yang berwenang memeriksa barang berbahaya.

Namun saat ini sudah ada lembaga pendidikan untuk AVSEC (Aviation Serity) yang mendidik paras peserta didiknya untuk menjadi tenaga ahli di bidang keamanan dunia penerbangan.

PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan & Pramugari) saat ini adalah satu-satunya sekolah penerbangan yang memberikan Sertifikat Resmi dari Direktorat Keamanan Penerbangan, dengan memiliki Dangerous Goods Regulation License (DGR License) kemampuan anda dalam penanganan Dangerous Goods (Barang-barang berbahaya) resmi diakui oleh Direktorat Kemanan Penerbangan.

Dan Tentu saja dengan memiliki DGR License dari Direktorat Keamanan Penerbangan anda akan lebih mudah masuk ke dunia penerbangan dan mendapat pekerjaan, karena saat ini hanya PSPP Penerbangan saja yang memberikan lisensi tersebut.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai PENGERTIAN DANGEROUS GOODS, Kalau mau lebih banyak belajar dulu di PSPP Penerbangan – Sebagai Sekolah Penerbangan Terbaik & Terakreditasi A di indonesia.

Info Pendaftaran Sekolah Penerbangan

Layanan pendaftaran PSPP Penerbangan bisa melalui panitia pendaftaran KAK DENI 0812 7435 1949 / BBM : D3231CDC. Terimakasih…

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *