Ingin Menjadi Petugas Keamanan di Bandara? Pahami Dahulu Tugas Tugasnya

Petugas Keamanan di Bandara

Petugas Keamanan di Bandara

PETUGAS KEAMANAN DI BANDARA

Ingin Menjadi Petugas Keamanan di Bandara? Pahami Dahulu Tugas AVSEC,  AVSEC  atau Aviation Security merupakan penjaga keamanan khusus yang terdapat di badar udara. Penjaga keamanan bandar udara berbeda dengan penjaga keamanan biasa karena fungsi dari bandara dan lingkungan bandara yang berbeda.

Mereka biasanya akan ditugaskan untuk menjaga kemananan baik di sisi darat(landside) seperti terminal bandara, sisi udara(airside) seperti landasan pacu, apron, serta taxiway.

Beberapa Tugas dan Kewajiban Dari Petugas Keamanan di Bandara Atau AVSEC

  1. Melakukan pemeriksaan ketat dan teliti mengenai apa dan siapa yang memasuki daerah terbatas atau security trafic area dari daerah steril. Ini termasuk semua barang bawaan semua orang kecuali presiden dan wakil presiden.
  2. Melakukan pemeriksaan dan mencocokkan tiket dengan identitas lain seperti KTP atau surat izin masuk bagi calon penumpang serta petugas awak pesawat.
  3. Untuk area kontrol, petugas keamana di bandara wajib melakukan pemeriksaan teliti terhadap kendaraan serta muatan yang masuk ke bandara.

Jika Dibagi Berdasarkan Tingkatannya Maka Tugas Keamanan Bandara Atau AVSEC, Antara Lain :

  1. Basic Petugas Keamanan di Bandara Atau AVSEC : Melihat profiling seseorang. Petugas avsec di tingkatan ini bertugas untuk memeriksa orang secara manual, mulai dari memeriksa tubuhnya dari kaki sampai atas, melihat wajahnya, apakah ada yang mencurigakan atau tidak.
  2. Junior Petugas Keamanan di Bandara Atau AVSEC : Mengoperasikan perangkat X-ray serta memantau melalui monitor apakah ada barang yang mencurigakan. Petugas dalam tingkatan ini harus memiliki sertifikat Junior AVSEC.
  3. Senior Petugas Keamanan di Bandara Atau AVSEC : Menjadi supervisor yaitu mengawasi cara kerja para avsec secara keseluruhan.

Petugas keamanan penerbangan dilengkapi dengan beberapa peralatan keamanan. Alat-alat tersebut digunakan saat mereka menjalankan tugasnya.

Waaah Ternyata Banyak Alat yang Dipakai Petugas Keamanan di Bandara, SIMAAKK Di bawah ini….

Beberapa alat yang dipakai antara lain alat pendeteksi bahan peledak, alat pendeteksi bahan organik dan non organik, alat pendeteksi metal, alat pedneteksi bahan nuklir, zat kimi berbahaya, dan radioaktif, alat pemantau lalu lintas orang kargo, kendaraan, alat pengendalian jalan masuk, alat pendeteksi penyusup paar bandara, alat penanggualangan keadaan darurat, dan alat komunikasi personal keamanan.

Pekerjaan menjadi Petugas Keamanan di Bandara memang tidak populer. Di dunia penerbangan, orang-orang kebanyakan bercita-cita menjadi pilot atau pramugari pesawat saja. Namun pekerjaan sekuriti penerbangan juga cukup penting untuk melengkapi fungsi bandara sehingga proses penerbangan menjadi aman dan lancar.

Ada Beberapa Syarat Menjadi Seorang Petugas Keamanan di Bandara Atau AVSEC 

  • Sehat jasmani dan rohani
  • Memiliki tinggi minimal 170 cm untuk pria dan 163 cm untuk wanita
  • Tidak buta warna
  • Lulusan SMA/K Sederajat, diploma, dan S1
  • Tidak memakai kacamata
  • Tidak bertato
  • Tidak hepatitis

Jika memenuhi syarat tersebut maka bisa mengikuti pendidikan khusus untuk AVSEC. Pendidikan yang dilakukan tidak membutuhkan waktu lama hanya selama 4 bulan di kelas kemudian OJT di bandara selama 2 bulan.

Peserta didik yang lulus dari pendidikan di sini sudah siap untuk bekerja sebagai AVSEC di bandara-bandara yang ada di Indonesia. Seperti yang kita ketahuis aat ini bermunculan bandara-bandara baru serta adanya pembangunan beberapa bandara. Hal ini menjadi peluang bagi yang sudah mengikuti pendidikan AVSEC.

Bagi yang tertarik bekerja di bidang sekuriti penerbangan atau avsec maka bisa mengikuti pendidikan di PSPP Penerbangan.  Di sini siswanya akan diberi pendidikan khusus  tentang security penerbangan mulai dari kesempatan, pengetahuan keamanan penerbangan, dan lain-lain.

Selain itu, sekolah ini juga menyediakan pendidikan khusus pramugari serta STAFF penerbangan. PSPP Penerbangan bisa dihubungi melalui kontak WA/SMS/telepon. 081274351949, dan BBM: D773D673.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.