Ingin Menjadi Pramugari? Lihat Apa Saja Syarat Tes Kesehatan Pramugari

Syarat Tes Kesehatan Pramugari

Syarat Tes Kesehatan Pramugari

SYARAT TES KESEHATAN PRAMUGARI

Apa Saja Syarat Tes Kesehatan Pramugari? Ingin bergabung dengan kru kabin dari sebuah maskapai penerbangan terkemuka? Ini adalah pilihan karier yang menarik. Namun untuk mendapat tempat di posisi ini, ada serangkaian tes dan penilaian yang harus Anda tempuh terlebih dahulu.

Salah satunya adalah tes kesehatan. Melamar menjadi pramugari mewajibkan Anda berada dalam kesehatan fisik yang prima. Sebab sebagai petugas awak kabin, pramugari seringkali harus mengalami pola tidur tidak teratur serta menghirup udara di lingkungan kabin yang kurang ramah.

Untuk membuktikan bahwa kandidat memiliki kesehatan fisik yang baik dan dapat menanggung sifat pekerjaannya, maka perusahaan penerbangan memerlukan pemeriksaan kesehatan.

Lihat Dibawah Ini Syarat Tes Kesehatan Pramugari

Tes ini terbilang cukup menentukan dan biasanya dilaksanakan di akhir seleksi. Jadi, walaupun Anda sudah lolos pada tahapan tes lainnya, tapi saat pemeriksaan tes kesehatan Anda dinyatakan “unfit”, hilang sudah kesempatan Anda.

Bagi Anda yang memiliki sedikit masalah kesehatan jangan patah semangat dulu, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengakali tes ini agar memperbesar kemungkinan Anda untuk lolos. Cari tahu lebih banyak tentang tes ini dan bagaimana mempersiapkannya dengan baik.

Tes Laboratorium

  • Tes darah : Pekerjaan pramugari akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan berdiri. Selain itu, pramugari membutuhkan kekuatan dan daya tahan mendorong dan menarik beban Tidur di ruang tertutup dengan pola yang mengganggu juga bisa membahayakan jiwa. Tes darah ini digunakan sebagai bagian dari pemeriksaan medis untuk menentukan apakah kandidat cocok untuk pekerjaan itu. Kandidat yang memenuhi syarat akan menunjukkan jumlah darah yang sehat dengan tidak menunjukkan anemia, infeksi atau HIV.
  • Tes urin : Tes urine dilaksanakan guna memastikan bahwa nantinya kandidat siap terbang. Tes urin akan memastikan fungsi ginjal baik atau tidak, dan melihat apakah ada penyakit tertentu, ataukah terdapat alkohol atau obat terlarang.

Untuk menjalani kedua tes ini, umumnya kandidat diminta berpuasa selama beberapa jam. Hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi tes urine adalah dengan memperbanyak minum air putih (hangat lebih baik).

Sebelumnya, konsumsilah sayuran dan buah-buahan, serta sauhi makanan berkolesterol tinggi. Sementara untuk menyiasati kesehatan darah Anda harus memiliki waktu istirahat yang cukup di malam hari dan jangan bergadang. Bagi yang memiliki darah rendah, bisa mengonsumsi madu atau sari kurma menjelang tes kesehatan.

Tes Rontgen

Bagian yang akan dirontgen adalah paru-paru dan gigi. Bagi yang sering merokok, Anda bisa mengonsumsi air kelapa muda atau minuman susu steril bergambang beruang yang baik untuk membersihkan paru-paru.

Ada baiknya, Anda berhenti dulu merokok pada saat akan melakukan tes kesehatan. Ada baiknya Anda pergi ke dokter gigi untuk sekadar membersihkan karang gigi dan berkonsultasi sebelum menjalani tes ini.

Jika Anda memiliki gigi bolong Anda bisa menambal atau memakai gigi palsu agar penampilan gigi Anda terlihat baik.

Tes Penglihatan

Tes penglihatan akan memeriksa apakah kandidat memiliki mata yang sehat, tidak buta warna, dan dapat melihat pada jarak tertentu dengan baik. Sebelum melakukan tes ini, ada baiknya ANda berlatih terlebih dahulu. Anda akan menemukan banyak situs di internet atau aplikasi di play store tentang tes ini.

Tes ECG/Jantung

Tes ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung kandidat dan memastikan kandidat tidak memiliki penyakit atau kelainan apa pun pada jantung.

Kalau untuk tes ini, Anda perlu melakukan pola hidup sehat dan rajin berolahraga. Tidak perlu yang berat-berat. Olahraga ringan seperti jogging juga bisa membantu.

Tes Pendengaran

Dalam tes pendengaran, umumnya kandidat akan diminta memakai headset untuk memeriksa kondisi telinga bagian kanan dan bagian kiri, apakah terdapat kelainan atau tidak.

Sebelum Anda melakukan tes ini, sebaiknya Anda sudah membersihkan teliga terlebih dahulu dan hindari suara bising seperti mendengarkan musik kencang-kencang dan sebagainya.

Nah semua tes itu juga bisa dilakukan di sekolah penerbangan PSPP dan Anda bisa mendaftar. Hubungi saja WA/SMS/Telp. 081274351949 atau BBM: D773D673 untuk info lebih lanjutnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.