Tes Kesehatan Calon STAFF Penerbangan Yang Wajib Anda Pelajari

Tes Kesehatan Calon STAFF Penerbangan

Tes Kesehatan Calon STAFF Penerbangan

Apa Saja Tes Kesehatan Calon STAFF Penerbangan Yang Wajib Anda Pelajari? Banyak sekali yang menginginkan untuk menjadi STAFF penerbangan. Mendapatkan tempat kerja yang adem dengan pendingin ruangan dan gaji yang jutaan. Memang pada kenyataannya posisi kerja sebagai ground STAFF atau STAFF penerbangan sendiri terdengar enak dan menyenangkan, telebih pekerjaan tersebut memiliki nilai gengsi tersendiri.

Coba lihat saja semua STAFF penerbangan di bandara, baik sebelum penerbangan dimulai atau setelah penerbangan usai. Sedikit membahas mengenai STAFF penerbangan sendiri, STAFF penerbangan ini bukan pramugari ataupun yang bertugas di dalam pesawat, namun yang bertugas di bandara untuk melayani kebutuhan penumpang. STAFF ticketing, STAFF check in dan STAFF boarding termasuk pada grund STAFF atau STAFF penerbangan itu sendiri.

Tes Kesehatan STAFF Penerbangan

Tidak kalah penting untuk menjadi seorang STAFF penerbangan yakni lolos tes kesehatan. Sebelum mengikuti seleksi pramugari atau STAFF penerbangan tentunya Anda sudah membaca sebuah peraturan yang menyatakan bahwa calon STAFF tidak boleh menderita penyakit hepatitis yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

Tes kesehatan sendiri adalah rangkaian dari tes untuk masuk menjadi pegawai penerbangan. Biasanya, seminggu sebelum tes ini dimulai maka peserta yang sudah lolos tes tahap sebelumnya akan diberi tahu terlebih dahulu agar mempersiapkan semuanya. Tes ini meliputi cek jantung, darah, urine, paru-paru, hati dan lain-lain.

Pastikan agar Anda sudah sehat sejak awal agar memiliki peluang lolos yang besar dalam tes ini. Setelah melewati tes kesehatan, maka Anda bisa melangkah ke tahapan selanjutnya. Memang tak mudah untuk mendapatkan pekerjaan sebagai STAFF penerbangan ini. Beberapa bahkan ada yang berpikir bahwa harus mengeluarkan banyak biaya terlebih dahulu untuk bisa tembus menjadi STAFF penerbangan.

Seperti yang kita tahu bahwa untuk menjadi seorang STAFF penerbangan itu tidak mudah. Pertama yang harus dilalui adalah tes fisik, meliputi :

  • Pria atau wanita
  • Pendidikan minimal SMA sederajat
  • Usia minimal 18 tahun dan sudah memiliki kartu tanda penduduk
  • Tinggi badan minimal 158cm
  • Bentuk badan proporsional antara tinggi dan berat
  • Tidak buta warna
  • Tidak mengidap penyakit hepatitis
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Belum menikah
  • Mampu berbahasa inggris

Setelahnya bila lolos maka akan diadakan tes psikotes atau tes tulis untuk melihat sejauh mana pengetahuan calon STAFF dalam bidang akademik. Tes yang dimaksudkan di sini adalah tes yang berisikan soal-soal psikotes. Kalau Anda pernah mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri, pasti ada yang namanya tes psikotes ini. Berupa gambar, diagram, garis dan penalaran. Anda harus memahaminya betul-betul.

Setelahnya ada tes wawancara. Dalam tes wawancara Anda harus terlihat sewajar dan senormal mungkin. Memang yang dicari adalah pegawai yang berwawasan luas, namun kalau memaksakan jawaban agar terlihat memiliki wawasan yang luas tentunya hal itu sama sekali tidak akan membantu.

INFO  Tes Pantukhir Calon STAFF Penerbangan Yang Wajib Anda Pelajari

Misalnya saja Anda ditanya mengenai A, Anda tidak paham harus menjawab apa. Namun karena Anda ingin terlihat pintar dan menguasai topik pembicaraan, jawaban kemudian Anda buat berputar-putar dan terdengar sangat tidak logis. Hal yang seperti itu sebenarnya tidak perlu. Kalau benar-benar tidak tahu, maka jawablah dengan sopan ‘maaf saya tidak tahu’.

Ada banyak sekali tahapan untuk menjadi STAFF penerbangan. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin agar bisa lolos tahapan demi tahapan dalam tes pramugari. Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda bagi yang ingin menjadi staff penerbangan atau pun pramugari. Terima kasih.

SPREAD THE LOVE

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp