Bagaimana Cara Membuat Pas Bandara

Bagaimana Cara Membuat Pas Bandara

Bagaimana Cara Membuat Pas Bandara

Cara membuat pas bandara – Kartu pas bandara merupakan kartu tanda izin untuk memasuki kawasan bandara. Jangan dikira kalau pas bandara adalah passpor yang digunakan untuk terbang ke luar negeri, kedua hal tersebut adalah berbeda antara satu dan lainnya. Kartu pass bandara hanya terbatas untuk staff dan pegawai bandara. Namun untuk orang-orang yang memiliki kepentingan juga diterbitkan kepemilikannya.

Kartu pass bandara ini bukan diterbitkan oleh kantor imigrasi seperti halnya passpor. Kartu pass bandara ini diterbitkan oleh kantor otoritas masing-masing wilayah bandara. Tentu saja bandara soekarno hatta adalah kantor wilayah otoritas 1. Kartu pass bandara dibuat agar bertujuan untuk bisa mengakses suatu tempat tertentu yang bukan ditujukan untuk umum. Area tersebut bernama Non Public Area (NPA) serta Restricted Public Area (RPA). Hanya orang-orang yang memiliki pas bandara yang dapat berada di daerah tersebut.

Daerah terbatas bandara

  1. Non Public Area (NPA)
  • Apron atau platform, suatu daerah atau tempat untuk memarkirkan pesawat, naik dan turun penumpang, pengisian bahan bakar dan segala hal lain yang berkenaan dengan pesawat dan perawatannya.
  • Gedung tower, gedung radar, gedung listrik, gedung monitor penerbangan, landasan pacu dan gedung kendali lainnya.
  • Gudang karg baik domestik maupun internasional.
  • Boarding place (ruang tunggu keberangkatan), daerah karantina, daerah pabean dan daerah imigrasi.
  • Daerah internasinal, dalam hal ini kedatangan penumpang internasional.
  1. Restricted Public Area (RPA)
  • Ruangan chec in
  • Peralatan parkir untuk gudang karg baik domestik maupun internasional.
  • Gedung DPPU Pertamina dan catering.

Semua yang ada di bandara sudah diatur mana-mana bagian untuk hal tertentu yang tidak boleh diakses oleh semua orang. Sebab bila ruangan atau tempat tersebt dapat dikunjungi oleh semua orang, maka pengerjaan yang dilakukan di sana tidak akan berjalan maksimal akibat terganggu dengan lalu lalang pengunjung.

Masa berlaku kartu pas bandara

Cara membuat pas bandara tidak terlalu rumit, syarat paling utama adalah bahwa Anda adalah seorang staff bandara atau yang memiliki kepentingan untuk memasuki suatu wilayah NPA atau RPA. Setiap kartu pas memiliki kode tersendiri untuk menandai masa berlaku dan area mana yang boleh dimasuki. Masa berlaku kartu pas bandara sendiri ada yang mingguan, bulanan maupun tahunan. Tergantung dari otoritas yang diberikan dan keperluan apa yang akan dilakukan.

INFO  Bagaimana Cara Pembuatan Kartu Pas Bandara di Indonesia

Namun untuk mendapatkan masa berlaku kartu yang lama, Anda harus melewati tahapan masa terlebih dahulu. Untuk mendapatkan masa aktif bulanan, Anda terlebih dahulu harus pernah mengajukan permohonan kartu pas dengan masa aktif mingguan. Begitu pula dengan masa aktif kartu tahunan, harus pernah memiliki kartu pas bulanan terlebih dahulu.

Persyaratan pembuatan kartu

Berikut ini akan disampaikan persyaratan untuk membuat atau memiliki kartu pas bandara.

  1. Surat kontrak kerja / dasar dan landasan hukum pemohon untuk memasuki area NPA dan atau RPA.
  2. Surat permohonan yang diberikan oleh atasan tertinggi.
  3. Pas foto 3 lembar 3X4.
  4. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kriminal).
  5. Surat atau tanda bukti perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT) bagi karyawan berstatus kontrak. Surat penetapan karyawan bagi karyawan yang berstatus tetap.
  6. Daftar riwayat hidup formal.
  7. ID Card staff.
  8. Foto kopi KTP.
  9. Surat pernyataan resmi.
  10. Formulir pengajuan.

Setelah semua sudah lengkap, maka permohonan akan diproses. Itulah Cara membuat pas bandara yang dapat dibagikan kepada Anda. Anda harus merupakan staff bandara atau yang memiliki kepentingan untuk mengakses lingkungan NPA / RPA.

SPREAD THE LOVE

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Message Us on WhatsApp